Rabu, 19 September 2007

Bahasa Tlarzvia Kuno

Peperangan berhasil diredam 50 tahun yang lalu atas inisiatif Aurelia Sumus. Itulah yang membuatnya mewarisi gelar Xing, sebuah gelar yang dilekatkan pada ahli taktik yang luar biasa. Sejak saat itulah namanya menjadi Aurelia Xing.

Apakah peperangan benar-benar berakhir, dalam arti semua dendam telah lenyap? Apakah penyebab dari peperangan lebih dari enam windu tersebut telah diatasi? Aku tidak tahu! Dmitri tidak pernah menyinggung hal itu. Sesuatu hal yang pasti, seluruh Greatland sepakat melakukan kompromi di antaranya menyangkut keamanan, mata uang, penanggalan dan bahasa.

Salah satu yang disepakati adalah penggunaan bahasa Anglenska sebagai bahasa resmi seluruh Greatland. Anglenska adalah negeri pulau di lingkar kutub utara tempat keluarga Oxfarm berasal. Bahasa ini pula yang aku gunakan.

Namun ada satu bahasa lagi yang harus dikuasai oleh para penyihir, seperti Luca Sole, yaitu bahasa Tlarzvia Kuno. Bahasa ini mirip dengan bahasa Tagalog, yang berada di salah satu negeri kepulauan di dunia Paralel.

Tidak ada komentar: